10 BAND INDIE TAHUN 90an VERSI KABARISELALU

kabariselalu.blogspot.co.id - Tahun 90-an merupakan tahun dimana musik di Tanah Air ini sangat penuh variasi, dan banyak melahirkan Band-band dengan berbagai aliran, yang saat itu masuk kedalam kategori musik ALTERNATIVE. Jalur yang mereka ambil untuk mengenalkan diri juga bukan dari jalur rekaman Major, tapi mereka melalui jalur Indie (recording dengan produksi sendiri tanpa kerjasama pihak major). 
Siapa sajakah mereka, kali ini saya akan menyajikan 10 band indie 90-an versi JQnews , check it ,..

1. PURE SATURDAY
Band asal bandung yang terdiri dari Suar Nasution (vokal,gitar), Aditya (gitar),Yudistira (Drum) Ade (Bass), Arief (Gitar) terbentuk pada tahun 1994. dan album pertama bertajuk "Pure Saturday" yang dirilis tahun 1996 sukses terjual 5000 kopi, single "Kosong" saat itu sangat terkenal oleh kalangan remaja, perlu di ketahui bahwa Pure Saturday merupakan pelopor lahirnya banyak band indie di tanah air. Saat ini walau tidak sering muncul, namun mereka masih memiliki fans fanatik. 
Pure Saturday

2. PAS BAND
Band asal Bandung, lahir di kampus Unpad, awalnya membawakan musik underground. berdiri pada tahun 1990, terdiri dari Yukie (vokal), Bengbeng (gitar), Trisno (Bass) dan Richard (drum), memulai dengan jalur indie pada tahun 1993 dengan debut "Four Through The Sap". Dan mulai di kenal banyak orang karena di nilai membawakan warna baru di blantika musik tanah air dengan lagu "Impresi". Formasi tidak pernah banyak berubah, kecuali sekarang posisi Drum di gantikan oleh Sandy (ex U-camp)
Pasband
baca juga : kode telepon di Indonesia

3. POTRET
Band yang terdiri dari Melly Goeslaw (vokal), Anto Hoed (bass) dan Arie (Drum) terbentuk pada tahun 1995, dan pada tahun 1996 merilis album bertajuk "Terbujuk". Album yang sukses menjual lebih dari 50.000 kopi, warna yang sangat berbeda di era itu. 
Potret
4. PLASTIK
Merupakan band yang menghidupkan kembali Rock n'roll di tanah air, di gawangi Ipang (vokal), Alex (Bass), Didiet (Gitar), Array (gitar), Iman (Drums), terbentuk pada tahun 1995. Meski sekarang sudah tidak terdengar, Plastik masih memiliki fans fanatik yang luar biasa. Suara khas Ipang menjadi orang mudah mengenal band ini, saat ini yang masih exist di dunia musik hanya Ipang. Di era 90-an lagu "Seperti" meroket karena warna yang berbeda juga. Mereka tidak ada menyatakan bubar, karena pernah berkata akan kembali lagi suatu saat. (di tunggu ya bro)
Plastik
lihat juga gaun pengantin unik ini

5. NETRAL
Dibentuk tahun 1991  tembang andalan Wa..lah saat itu. terdiri dari Bagus (Vokal,Bass), Bimo (Drum), Miten (Gitar) sukses dan langsung dikenal orang banyak dengan musik yang sangat sederhana. dan menyajikan warna baru di blantika musik tanah air. Saat ini tinggal Bagus yang tersisa dari formasi awal, Drum di gantikan oleh Eno dan Gitar di pegang oleh Coki.
Netral
6. CHERRY BOMBSHELL
Band asal Bandung, terbentuk tahun 1995 terdiri dari Alexandra (Vokal), Agung (Bass), Harry (gitar), Ismail (Gitar), Febry (Drum). Dikenal dari lagunya "Langkah Peri".
Cherry Bomshell
7. WONG
Lahir di era musik Indie pada tahun 1997, dan merilis album kompilasi indie bersama cokelat,padi,caffeine. dan lainnya. Single "Tak Ingin" dan "jangan lagi" sempat mewarnai MTV asia pada masa itu. Wong terdiri dari Heppy (Vokal), Iwan (Gitar), Herman (Bass), Remmi (Drum), dan Iwan (Gitar).
Wong
gak percaya, wanita-wanita ini bukan boneka lho

8. GALLERY
Band yang memiliki pentolan Cindy Fatika Sari (Vokal), Vincent, Donny, Ungke lahir pada tahun 1998 dimana masa itu musik SKA mulai muncul di Indonesia. Band ini mengusung aliran SKA, membawakan lagu bertema remaja saat itu dan yang pasti Cindy berhasil dengan gaya centilnya, walau terlihat seperti "No Doubt". Dengan tembang "terkenal" membuat Gallery memang jadi terkenal.
Gallery
9. PUPPEN 
Band yang juga berasal dari Bandung, berdiri di tahun 1992 dengan membawa aliran underground dan akhirnya menjadi "papa hardcore" Indonesia. Dikenal dengan single "Atur aku". Digawangi oleh Arian (vokal, gitar), Robin (gitar), Prima (bas), dan Marcell (drum). Menyajikan warna musik yang sekarang menjadi inspirasi bagi sebagian besar band hardcore di tanah air.
Puppen

10. KUBIK
Berdiri pada tahun 1995, Lusi (Bas,Vokal), Adam (Gitar), Iman (Drum). Dikenal dengan single MATEL (Mungkin Aku Tiba Esok Lusa). menurut JQnews band ini juga unik dengan formasi tiga nya yang membawa musik indie.
Kubik
Itulah band Indie yang lahir di era 90-an, dan masa itu merupakan masa ke emasan musik Indonesia dengan banyak varian dari berbagai genre yang berbeda. Bagaimana dengan musik sekarang ? Bandingkan saja. Thx kunjungannya

lihat juga istilah dalam dunia internet ini
apa anda kenal dengan Divinyils ? kalo belum, lihat ini

No comments

Powered by Blogger.