ALASAN KENAPA HARI BATIK JATUH PADA TANGGAL 2 OKTOBER

Tau kah anda kenapa tanggal 2 Oktober di tetapkan sebagai hari batik nasional ?
JQ news

ok sebelum saya akan mengajak anda untuk mengenal batik terlebih dahulu. Batik merupakan budaya yang sudah lama ada dan berkembang di masyarakat Indonesia. Kata batik sendiri mempunyai beberapa pengertian, antara lain batik merupakan cara untuk memberi hiasan pada kain untuk menutupi bagian-bagian tertentu. secara etimologi kata batik berasal dari jawa yaitu "tik" yang berarti titik yang berkembang menjadi batik. Dulu istilah ini bukanlah di tulis batik tetapi "Bathik", karena identik dengan suatu teknik atau proses mulai dari membuat sketsa hingga pemberian warna. Salah satu yang jadi ciri khas dari batik adalah cara penggambaran motif pada kain yang dilakukan melalaui proses pemalaman yaitu menggoreskan cairan lilin yang ditempatkan pada suatu wadah yang bernama canting dan cup.

Perkembangan batik dikenal mulai pada masa kerajaan Majapahit, yang pada awalnya hanya terbatas untuk kalangan keraton. Batik hanya digunakan oleh raja dan keluarganya serta pengikutnya, pengikutnya inilah yang akhirnya membawa batik keluar keraton dan berkembanglah batik di masyarakat. 
sedang melukis 

Perkembangan batik dari masa kemasa terus semakin baik dengan bertambahnya motif-motif yang beragam, dan sudah menyebar ke seluruh wilayah Nusantara, bahkan sampai ke mancanegara. 

Saya sendiri menilai batik adalah bentuk kebebasan dalam membentuk sebuah pola yang tidak ada batasannya. Mungkin di daerah-daerah lain juga ada pola yang hampir serupa dengan pola batik ini, hanya saja penyebutan yang diberikan berbeda. Kalau kita melihat pola natural mungkin kita bisa melihat motif ini dalam kehidupan sehari-hari, pada hewan, tumbuhan atau pembentukkan awan di langit, semua terjadi tanpa kita sadari bahwa itu adalah pola yang sangat alami dan tidak akan pernah terlihat sama persis.

Kembali ke topik semula, kenapa 2 Oktober di tetapkan sebagai hari batik ? 
ini jawabannya : 
Karena sudah dilihat oleh berbagai bangsa di Dunia, Batik menjadi sangat terkenal hal ini di dukung lagi setelah Batik memperoleh pengakuan dari UNESCO PBB yang memutuskan bahwa batik Indonesia adalah warisan pusaka dunia, dan pengakuan ini diberikan pada tanggal 2 Oktober 2009. Hal ini menjadi tonggak penting untuk eksistansi batik Indonesia di Dunia. Dilihat dari sejarahnya, memang sangat panjang waktu untuk bisa dapat pengakuan ini. 

Itulah alasan kenapa pada tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari Batik Nasional. Walaupun sekarang ini banyak Batik yang menggunakan teknik printing, namun Batik tulis merupakan tetap jadi yang terbaik. 

Hari ini tepat tanggal itu jatuh, dan tepat juga jatuh di hari jumat. Pasti anda akan melihat corak batik dimana-mana. 
Akhir kata saya ucapakan : 

" SELAMAT HARI BATIK INDONESIA KU "


No comments

Powered by Blogger.