THE DIVINYLS BAND ERA 80an YANG TIDAK BANYAK DI KETAHUI ORANG

kabariselalu.blogspot.co.id - Divinyls, atau sering disebut orang The Divinyls adalah band rock asal Australia, dibentuk di Sydney pada tahun 1980. Personil utama terdiri dari vokal Chrissy Amphlett dan gitaris Mark McEntee. Pada awalnya band ini terdiri dari 5 personil dan mengalami banyak perubahan formasi hingga akhirnya yang tersisa hanya Chrissy dan Mark, sebelum bubar di tahun 1996. Salah satu hal yang menarik adalah saat Chrissy selalu bergaya dengan seragam yang di padu dengan stocking jala yang mengundang banyak perhatian Penonton, dan gaya ini menjadi salah satu trend di masa itu. 
Divinyls


Pada Tahun 2001, band ini masuk dalam daftar 30 tembang yang lagu top sepanjang masa oleh Australasia Asosiasi Performing Right ( APRA ). Band ini juga di nobatkan oleh Australian Recording Industry Association (ARIA) sebagai Hall of Fame pada tahun 2006. Dan pada akhir 2007, Chrissy dan Mark berkumpul kembali untuk merekam sebuah single baru dan kembali bekerja sama untuk album baru.Kemudian mereka melakukan sebagian tour di Australia mulai akhir tahun 2007 hingga awal tahun 2008. 


Divinyls merilis 5 album, emapt album mereka mendapat tempat Top 10 di Australia, dan satu album mencapai posisi 15 lago top di Amerika Serikat. Dan prestasi yang terbesar dan terlaris adalah single "I Touch Myself" yang mencapai No 1 Di Australia, No 4 Di Amerika Serikat, dan No 10 di Inggris.

Sekilas perjalanan Divinyls ..
Chrissy adalah dari Patricia yang merupakan ikon pop Australia di tahun 1960, menikah dengan Keith Jacobsen (adik promotor terkemuka Kevin Jacobsen. Dalam sebuah otobiografinya (2005) Chrissy mengatakan mulai terjun ke dunia musik pada saat berusia 14 tahun, Pernah di tangkap oleh dinas sosial karena mengamen saat usia 17 tahun hingga melancong ke Spanyol. Bila saat ini terlihat penampilannya yang menarik, semuanya adalah karena derita di masa kecil. 
Chrissy dan Mark pertama kali diperkenalkan pleh Jeremy Paul (ex- Air Supply) di parkiran sebuah studio kecil di Collaroy, Sydney, pada saat itu Chrissy baru saja selesai latihan dengan band nya, Batonrouge. Chrissy dan Mark bertemu lagi di acara paduan suara pada tahun 1980. Dan selama hampir 2 tahun mereka selalu tampil di pub dan klub di Sydney. 
Chrissy Amphlett

Hingga Akhirnya seorang Sutradara Australia Ken Cameron melihat penampilan Divinyls di sebuah klub, dan menawarkan untuk mengisi sebuah lagu untuk soundtrack di film yang sedang di produksinya. Lagu "oys In Town" yang hadir menjadi soundtrack di film Monkey Grip, mencapai No 8 di chart Australia, dan lagu "Only Lenely". Ini merupakan sukses awal Divinyls. Gaya cuek sang vokal menjadi kontroversial karena dinilai kurang ajar atas penampilan dan aksi panggung, tapi Chrissy tidak menghiraukan itu.


Saya kenal lagu Divinyls waktu masih duduk di bangku SMP, judulnya "I'm Jelous" dan lagu yang langsung akrab di telinga saya dari awal mendengarkannya. Perlu di ketahui, pada masanya lagu ini banyak di sukai orang, dan Divinyls seperti hilang tak tau kemana. Tapi tembangnya selalu ada dan saya selalu suka suara khas Chrissy. 

lagu fav saya dari Divinyls

Kabarnya, Chrissy meninggal pada tanggal 21 April 2013 di kediamannya di New York di usia 53 tahun, setelah lama bertempur dengan penyakit kanker payudara yang di idapnya. tapi walaupun begitu, hingga saat ini, lagunya masih enak di dengar dan merupakan tembang favorit saya sendiri. Dan Divinyls pun tinggal kenangan.


No comments

Powered by Blogger.