ISTILAH DAN ARTI DALAM DUNIA INTERNET


kabariselalu.blogspot.co.id - Kembali lagi di hari ini JQnews ingin membagikan sebuah informasi yang mungkin sering anda dengar tanpa tau apa artinya. Karena menurut saya, istilah apapun bukan hanya untuk di sebutkan, karena suatu waktu tertentu apabila ada orang yang bertanya dengan istilah yang anda sebutkan dan anda tidak bisa menjelaskan istilah itu, adanya di kira nanti anda cuma nyebut aja, malu kan. 

Ok, daripada sering nyebutin tapi ga tau menjelaskan, berikut saya bagikan sedikit informasi yang mungkin bisa menjadi pengetahuan untuk anda semua. Istilah ini pasti sering kita dengar atau kita sebutkan di dunia sehari-hari. 


www : world wide web
yaitu sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.

http : Hyper Text Transfer Protocol
adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.

URL : Uniform Resource Locator
adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

FTP : File Transfer Protocol
adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.

PHP : Hypertext Preprocessor 
adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML.PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. 

GPS : Global Positioning System 
yaitu sistem penentuan lokasi berdasarkan sinyal satelit yang akan menghasilkan informasi berupa koordinat, latitude dan lokasi dalam peta. 

CMS : Content Management System
adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola website, seperti update dan maintenance, sehingga bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.serta semudah mukin.berikut ini adalah contoh serta perandingannya.

GPRS : General Packet Radio Service
merupakan koneksi Internet tanpa kabel/wireless (nirkabel), biasanya dipakai oleh handphone.

ISP : Internet Service Provider
berarti penyedia jasa layanan internet.

DSL : Digital Subscriber Line
adalah metode transfer data melalui saluran telepon regular.

ADSL : Asymetric Digital Subcriber Line
adalah jaringan yang memisahkan upstream dan downstream yang dapat berjalan pada kecepatan yang berbeda. Biasanya downstream lebih tinggi dan pada upstream-nya.

WAP : Wireless Application Protocol 
adalah teknologi seperti WWW dan merupakan protokol untuk mengakses internet melalui HP


EDGE : Enhanced Data rates for GSM Evolution 
adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136. Pada GPRS menawarkan kecepatan data sebesar 115 kbps, dan secara teori dapat mencapai 160 kbps. Sedangkan pada EDGE kecepatan datanya sbesar 384 kbps, dan secara teori dapat mencapai 473,6 kbps.Secara umum kecepatan EDGE tiga kali lebih besar dari GPRS.

3G atau UMTS (Universal Mobile Telecommunication System)
Merupakan suatu sistem Jaringan. Lewat jaringan ini data bisa dikirim lebih cepat dan ringan. Teknologi UMTS sendiri mampu mengirimkan data dengan kecepatan paling sedikit 200 kbit/s.

4G atau LTE
merupakan teknologi jaringan terbaru yang tidak dimiliki oleh semua smartphone. Dengan jaringan ini, data bisa dikirim dengan kecepatan maksimal 1 Gbp/s.

WiFi 
adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

PSTN : Public Switched Telephone Network
merupakan sebutan untuk saluran telepon konvensional yang menggunakan kabel.

Modem : Modulation-Demodulation
Merupakan alat yang digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.

Email : Electronic Mail
adalah fasilitas berkirim surat melalui Internet.

Attachment (Lampiran)
adalah fasilitas untuk melampirkan atau menyertakan file, hal ini sering kita lakukan apabila kita sering menggunakan e-mail

Browsing 
adalah kegiatan menjelajah atau melihat isi dan halaman situs-situs di Internet.

Browser 
adalah program aplikasi yang digunakan untuk browsing.

Banned 
adalah istilah dalam chatting maupun mills, dimana moderator atau pihak pengatur dan pengelola melakukan blokir pada ID (Identitas) atau account tertentu, yang dianggap berbahaya, mengganggu, merusak, serta mengacaukan kegiatan internet.

Banner 
merupakan salah satu bagian dari situs yang biasanya berisi iklan.


Chat 
adalah fasilitas dalam Internet yang memungkinkan interaksi dengan teks secara realtime (tidak ada waktu tunggu)

Chating 
adalah istilah dari kegiatan chat.

Firewall 
merupakan benteng keamanan dalam internet yang berfungsi melindungi sebuah jaringan kecil terhadap jaringan Internet yang lebih luas.

Netijen
merupakan istilah yang dibentuk dari kata Net (internet) dan Citizen (warga). Jika disatukan artinya kurang lebih 'warga internet' atau 'masyarakat dunia internet'. Maka di dapat netizens adalah pengguna internet yang berpartisipasi aktif (komunikasi, mengeluarkan pendapat, berkolaborasi, dll) dalam media internet. 

Mailing List 
adalah forum/kelompok diskusi di internet yang dapat saling bertukar informasi dengan menggunakan fasilitas e-mail.

Homepage 
merupakan halaman utama sebuah website yang memuat informasi singkat tentang apa isi website

Host 
adalah komputer yang menjadi server atau tempat diletakkan isi sebuah website, yang dinyalakan terus-menerus sehingga isi atau alamat website tersebut bisa terus diakses.

Hacker 
adalah sebutan bagi orang yang mempunyai keahlian dalam hal pemrograman komputer, terutama di bidang Internet.

Password 
merupakan kode rahasia dan pengguna Internet yang memilki ID di sebuah homepage.

Spam 
merupakan pesan komersial atau iklan kepada sejumlah besar news group atau e-mail yang sebetulnya tidak menginginkan menerima pesan tersebut.

Dilain kesempatan saya akan berikan info yang lain. thanks untuk kunjugannyan.

No comments

Powered by Blogger.