8 PENYAKIT YANG DAPAT MEMATIKAN DALAM SEJARAH MANUSIA

Seperti yang pernah kita ketahui, bahwa di dunia ini ada penyakit yang mematikan dalam sejarah kehidupan manusia di Dunia. Mungkin dari anda sudah mengenalnya sebelumnya, tapi mungkin juga ada sebagian banyak dari kita yang belum mengetahui akan hal ini, berikut akan kita lihat penyakit apa saja yang bisa mematikan itu :

(  1. ) KOLERA (Cholera)

Infeksi pada usus kecil yang di sebabkan bakteri ditularkan dari air minum atau makan makanan yang mengandung tinja orang yang terinfeksi.Gejalanya antara lain diare, perut keram, mual, muntah, dan dehidrasi Di seluruh dunia ada sekitar 5 juta orang yang terkena penyakit ini, dan lebih dari 100 ribu orang yang meninggal disebabkan oleh Kolera setiap tahunnya.Di Indonesia pilihan antibiotik yang di gunakan adalah tetrasiklin dan pilihan kedua adalah trimethoprim/sulfamethoxazole.
bakteri kolera


(  2. ) CACAR (Smallpox/variola)

Cacar merupakan salah satu penyakit menular yang juga mematikan yang harus di tangani secepat mungkin. penyakit ini sudah merenggut banyak nyawa, pada abad 20 sudah ada 500 juta korban akibat penyakit ini sebelum vaksinasi ditemukan. Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella-zoster. Gejala yang di timbulkan oleh virus ini antara lain demam,lelah, lesu dan pada kasus yang lebih berat akan terjadi nyeri sendi, sakit kepala, dan pusing, dan setelah beberapa hari akan timbul kemerahan pada kulit. Penyakit ini dapat di sembuhkan dengan Asiklovir, berupa tablet 800mg/4 jam (untuk umur 12 tahun keatas). Pada masa penyembuhan banyak mengkonsumsi air putih untuk menetralisir ginjal setelah konsumsi obat. Banyak makan buah yang mengandung vitamin C antara lain, jambu biji, tomat,anggur. Sementara untuk kulit,pada masa penyembuhan bisa mengkonsumsi minuman dari lidah buaya atau rumput laut yang mengandung vitamin E.
Cacar



(  3. ) DEMAM KUNING (Yellow Fever)

Penyakit ini ditularkan oleh gigitan nyamuk betina, di temukan di Afrika dan Amerika Selatan. Biasanya akan membuat korban demam,menggigil, mual, nyeri otot dan salit kepala. Pada beberapa orang yang tertular penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan hari yang menyebabkan kulit menguning. WHO memperkirakan bahwa ada 200 ribu kasus penyakit ini dan 30 ribu kematian pertahun. Sementara vaksin nya baru ada sejak pertengahan abad ke 20.
akibat penyakit demam kuning
(  4. ) TBC (Tuberculosis)

Penyakit yang mematikan ini di sebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru-paru. menyebar melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi batuk,bersin yang mnyebarkan butiran liur mereka ke udara. Bila tidak di tangani dengan cepat, maka penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada orang yang terjangkit penyakit ini. Gejala penyakit ini antara lain batuk kronis disertai bercak darah, demam, berkeringat di malam hari, menyebabkan penurunan berat badan. Pengobatannya juga di butuhkan waktu yang cukup lama dan harus rutin dengan banyak antibiotik dan obat-obatan.
tuberculosis bacteria
(  5. ) FLU (Influenza)

Influenza atau yang lebih dikenal dengan sebutan FLU, adalah penyakit menular yang di sebabkan virus RNA Orthomyxoviridae, yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala penyakit ini menggigil, demam, nyeri otot, nyeri tenggorokan,kepala berat,batuk,lemah dan rasa yang tidak nyaman. Flu biasanya di tularkan lewat batuk atau bersin yang mengandung virus, dapat juga ditularkan melalui kontak langsung dengan tinja unggas. Flu menyebar keseluruh dunia yang menimbukan kematian 250rb s/d 500rb orang setiap tahunnya. 
virus influenza
(  6. ) KANKER PARU PARU (Lung Cancer)

Kanker paru paru adalah penyakit yang disebabkan adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan pari-paru. Penyebab paling utama adalah asap tembakau, dan yan lainnya akibat polusi udara termasuk asap rokok pasif. Ada 1.3 juta kematian setiap tahunnya akibat penyakit ini. Gejala umum penyakit ini, batuk, batuk berdarah,sesak nafas, penurunan berat badan,mudah lelah, nyeri dada, nyeri tulang, dan kesulitan menelan.
Kanker Paru paru
(  7. ) DIARE (Diarrhea)

Diare merupakan penyakit saat tinja berubah jadi lembek atau cair, dan penyakit ini penyebab kematian pada balita pada umumnya dan juga membunuh 2.6 juta orang setiap tahunnya. Penyebab penyakit ini biasanya karena kelebihan vitamin C, alergi karena makanan tertentu, dan biasanya di awali dengan sakit perut, mual dan sering muntah. Gejala Diare antara lain buang air besar terus menerus disertai dengan rasa mulas berkepanjangan, dehidrasi,  mual dan muntah.
Diare
(  8. ) DIARE (Diarrhea)

Diare merupakan penyakit saat tinja berubah jadi lembek atau cair, dan penyakit ini penyebab kematian pada balita pada umumnya dan juga membunuh 2.6 juta orang setiap tahunnya. Penyebab penyakit ini biasanya karena kelebihan vitamin C, alergi karena makanan tertentu, dan biasanya di awali dengan sakit perut, mual dan sering muntah. Gejala Diare antara lain buang air besar terus menerus disertai dengan rasa mulas berkepanjangan, dehidrasi,  mual dan muntah.

No comments

Powered by Blogger.